Puasa Bulan Rajab, Berikut Niat Puasa Rajab dan Keutamaan Fadilahnya

Puasa Bulan Rajab, Berikut Niat Puasa Rajab dan Keutamaan Fadilahnya

Amalan Bulan Rajab 

Sahabat, selamat datang di blog saya ini. Bulan Rajab 1440 Hijriyah akan jatuh pada hari Jum'at 8 Maret 2019. Bulan Rajab adalah bulan yang mulia, dan merupakan empat bulan hijriah yang memiliki kemulian khusus. Diantara bulan mulia tersebut adalah Ramadan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah (haji) dan Muharam..

Sahabat, karena kemuliaan bulan ini di kampung saya banyak umat Islam yang melaksanakan amalan di bulan rajab. Diantaranya adalah berpuasa sunnah tiga hari di bulan rajab, berdoa khusus dengan puji-pujian dan melakasanakan kegiatan peringatan rajaban (isra mi'raj Nabi Muhammad SAW).

Sahabat, kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa keutamaan jika kita melaksanakan shaum atau puasa di bulan rajab yang mulia ini, dikutip dari berbagai sumber bahwa fadhilah puasa di bulan rajab diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Puasa pada tanggal 1 Rajab dapat menghapus dosa 3 tahun
  • Puasa pada tanggal 2 Rajab dapat menghapus dosa 2 tahun 
  • Puasa pada tanggal 3 Rajab dapat menghapus dosa 1 tahun.


Niat Puasa Rajab

Seperti puasa ramadhan, pelaksanaan Puasa Sunnah Bulan Rajab mesti dilakukan dengan niat pada malam hari, berikut adalah Niat Puasa Bulan Rajab;


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Shaumuma Ghodin Fi Syahri Rojabi Sunnatan Lillahi Ta'ala
"Niat saya puasa esok hari di bulan Rajab sunnat karena Allah ta'ala"

Do'a Bulan Rajab

Sahabat, di kampung saya banyak umat Islam yang mengamalkan do'a bulan rajab dengan puji-pujian baik di rumah maupun di masjid. Anak-anak biasanya membaca do'a puji-pujian (pupujian- Bahasa Sunda) pada saat sore hari menjelang maghrib di Masjid dan Mushola.

inilah do'a bulan rajab yang biasa dibaca saat pupujian di masjid-masjid di kampung Pangandaran.

Allohumma Bariklana Fi Rojaba Wa Sya'bana
Allohumma Bariklana Wa Balighna Romadona
Mugi Gusti Ngaberekahan Sasaih Rojab sareng Sya'ban
Mugi Gusti Ngaberekahan Dugi Ka Sasih Romadon

Nah itulah sahabat, seputar amalan di bulan rajab yang biasa dilaksanakan di kampung saya di Pangnadaran, semoga apa yang saya tulis ini dapat memberikan manfaat untuk sahabat semua. terima kasih.

tags:
Keutamaan Bulan Rajab, Jadwal Puasa Bulan Rajab, Tradisi Bulan Rajab, puasa bulan rajab, puasa rajab, fadilah rajab, doa rajab, puasa rajab, pidato rajab, puisi rajab, nasyid rajab, acara rajab, kisah bulan rajab, cerita bulan rajab, rajab 1440






Post a Comment

Previous Post Next Post