Cara Mengatasi .MSOP Virus Ransomware Dengan Safe Mode

Kawan-kawan, hari ini komputer di rumah saya tiba-tiba filenya nggak bisa dibuka. Sebelumnya saya mendownload sebuah program editing video di salah satu situs dowoload berbahasa inggris. Namun setelah filenya terdownload, tidak ada isinya. Yang ada hanya setup.exe. Terus saya klik aja dengan harapan bisa diinstal.

Namun yang terjadi malah error. Dan yang lebih fatal lagi, semua file seperti gambar, video, dan word tidak bisa dibuka. Waduh...

Misalnya saja Gambar.png, berubah menjadi Gambar.png.msop dan semua file seperti itu, semuanya tidak bisa dibuka.

Kemudian saya cari-cari di Internet, hanya ada 1 orang yang mengulas, itupun dia menulis sekitar 9 menit yang lalu. Jadi bisa dipastikan ini adalah jenis virus yang baru. .MSOP adalah virus yang sangat merusak dan antivirus belum bisa mengatasinya.

Mengatasi Virus .MSOP 

Untuk mengatasi virus tersebut, ada bebera cara yaitu menggunakan Fitur Safe Mode. Namun masalahnya saat akan masuk ke Safe Mode, Login Password dibaca incorect oleh Windows.


  1. Nyalakan/Restart Komputer / Laptop anda.
  2. Langsung tekan-tekan F8 pada keyboard.
  3. Jika anda tidak masuk ke tampilan ‘Advanced boot options’, maka anda terlambat dalam menekan tombol F8. Ulangi restart komputer dan coba lagi.
  4. Jika anda sudah berhasil masuk.
  5. Ada 3 jenis safe mode, pilih sesuai kebutuhan berikut :

Safe Mode → Membuka windows safe mode tanpa koneksi internet/jaringan.
Safe Mode with Networking → Menyertakan jaringan, berfungsi jika anda ingin melakukan perbaikan dengan memanfaatkan jaringan (networking).
Safe Mode with Command Prompt → Mode safe mode ini akan membuka CMD dari pada explore.
     5. Selesai, sekarang anda bisa mengatasi masalah pada komputer melalui safe mode.



Namun jika kita tidak dapat mengakses safe mode dengan menggunakan tombol F8 ? Ini bisa saja terjadi karena adanya virus atau keyboard yang mengalami kerusakan sehingga Tidak dapat masuk Windows safe mode

Nah berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan tanpa harus menekan F8 :



A.    Booting Safe Mode tanpa Menekan F8 Windows XP
Klik start
Kemudian ketikkan msconfig didalam kolom RUN
Tekan Enter atau klik OK
Setelah itu, pindah tab BOOT.INI
Berikan centang/ceklis pada MINIMAL dan SAFEBOOT
Kemudian Klik Apply dan setelah itu klik OK
Restart komputer untuk masuk ke Safe mode
Untuk mengembalikannya seperti semula tinggal ulangi saja langkah-langkah diatas, Lepaskan centang/ceklistnya. Kemudian klik OK kembali, nanti akan ada pilihan apakah anda ingin restart komputer, pilih saja restart.

Namun setelah saya coba hal tersebut BELUM BERHASIL, Jika saya berhasil akan update lagi

Cara mengatasi .msop virus
menghilangkan msop virus
menghapus msop virus
remove msop virus
mengehentikan virus msop

29 Comments

  1. waaaahhhhh...sama broo...kmptr ane juga kena .msop
    Gimana solusinya ini broo??

    ReplyDelete
  2. Apakah dengan cara diatas file yang terkena virus akan kembali lagi?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. cuk aku juga asemmmm...gbs ini..

    ReplyDelete
  4. Saya juga belum berhasil pake safe mode

    ReplyDelete
  5. buat temen2 agar sabar, nunggu dari tim lain lagi cari solusinya.
    Di salah satu web di luar negeri juga lagi cari cara buat decryp nya.
    Saya jga kena soal nya.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. sama punya temen saya banyak yang kena, malah ini tugas metodologi penelitian kelompok saya sama dia.

    ReplyDelete
  9. Tolong bantuannya. Laptop saya ada file skripsi nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hapus ekstensi .msop nya kalo cuman file mash bisa kembali

      Delete
    2. Jika fihapus nama file ekstensi nya maka gak bisa dibuka faile tsb.

      Delete
  10. Sama juga nih. Lagi kena semua File abiisss gak bisa dibuka... Arrrrggghhhhhhh

    ReplyDelete
  11. temen gw pake aplikasi recuva bisa, tp

    ReplyDelete
  12. Tolongggg Panik Akuuu😭😭😭

    ReplyDelete
  13. Komputer gw juga kena nih, itu klo udah masuk safe mode terus gimana kelanjutannya?

    ReplyDelete
  14. sama punyaku juga gan data satu hardisk kena smua, ditunggu solusinya. trims

    ReplyDelete
  15. Pc ku juga kenaa. Data hikang semua arghhh

    ReplyDelete
  16. Bangsat banget ni virus, habis semua data.

    ReplyDelete
  17. parah nih virus, file rusak semua

    ReplyDelete
  18. assem tenan virus ini diblokir semua dataku

    ReplyDelete
  19. Uda ketemu blm solusiny?... uda 4 hari ini... server kena.. T.T

    ReplyDelete
  20. Barusan kena, diflashdisk Karna gak tau kalo kompi nya kena tuh virus, gak berani masukin flashdisk ke PC dirumah takutnya malah nyebar

    ReplyDelete
  21. ditunggu solusinya gan,,
    jangan lama2 ya,, :(

    ReplyDelete
Previous Post Next Post